Strategi Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa

Berkaitan dengan penentuan materi kebahasaan apa yang harus diajarakan & dikuasai siswa
•Cara:
•Menganalisis SK ->KDPenentuan materi kebahasaan yang akan dipelajari siswa
•Contoh:
•SK->Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
•KD ->Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
•Materi ->kalimat sederhana
Kebahasaan Lingkup Materi
1. Fonologi Pembentukan bunyi; vokal & konsonan; diftong; sukukata; penyukuan & pemenggalan kata; fonem & grafem
2. Morfologi Morfem,; alomorf; bentuk, fungsi & makna afiks; kategori kata; reduplikasi;
3. Sintaksis Frasa; klausa; kalimat; jenis kalimat; kalimat efektif;
4. Semantik Jenis-jenis makna (gramatikal-leksikal); istilah; ungkapan; majas; relasi makna; perubahan makna

Penentuan Materi Kebahasaan :
•Sintaksis merupakan hal penting yang harus dikuasai
•Sintaksis merupakan bagian tertinggi dari unsur kebahasaan yang harus dikuasai PD
•Kemampuan gramatikal menentukan kemampuan bernalar seseorang
•Kenyataan sintaksis lebih berperan dalam kehidupan
•Morfologi # terlepas dari konteks sintaksis
Bahan Struktur Tata Bahasa/ Gramatikal
•Tentukan bahan struktur yang akan dipelajari siswa, misalnya: pola kalimat, jenis kalimat majemuk, dst.
•Tentukan tingkat kesulitan materi dalam latihan soal
•Bahan struktur sebaiknya tidak mengambil dari buku cetak/referensi, tetapi susunlah sesuai kemampuan dan kondisi siswa
•Bahan struktur diberikan dengan konteks tertentu
•Misalnya: Kondisi rakyat Jepang setelah tsunami disampaikan dalam sejumlah kalimat dengan lengkap. Kemudian, tentukan bagian struktur mana yang akan dianalisis.
Bahan Morfologi
•Tentukan apakah kosakata umum, khusus, atau ungkapan yang akan diajarkan
•Tingkat kesulitan disesuaikan kognitif, kemampuan, & kondisi siswa-sekolah
•Pengajaran harus berbasis konteks
Bahan Semantik
•Tentukan apakah makna leksikal, gramatikal, ungkapan, majas
•Tingkat kesulitan disesuaikan kognitif, kemampuan, & kondisi siswa-sekolah
•Pengajaran harus berbasis konteks

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDEKATAN, METODE, TEKNIK, DAN PROSEDUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Model-Model Pembelajaran (PPSI, Kemp, Banathy, Dick and Carey)

Hubungan Perkembangan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Dalam Kaitannya dengan Prestasi Belajar

Subjek Pendidikan

Kalimat Efektif