Mendesak VS Penting

Belajarlah untuk membedakan "mendesak" dari "penting".

URGENT - "membutuhkan atau tindakan cepat menarik atau perhatian" (NOW!) Kita bereaksi terhadap tugas-tugas yang mendesak.

PENTING - "sangat penting atau nilai" (MEMBERIKAN HASIL) tugas Penting membutuhkan lebih banyak inisiatif dan bersikap proaktif.


Kadang-kadang hal yang mendesak itu penting dan kadang-kadang tidak. Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk segalanya, sehingga Anda perlu memutuskan apa yang benar-benar penting. Kegiatan PENTING adalah mereka yang membantu Anda untuk mencapai tujuan Anda. Sebagian besar dari kita telah belajar untuk menanggapi permintaan mendesak dengan mengorbankan tugas-tugas penting. Mengabaikan tugas-tugas penting Anda akan meningkat dan menjadi mendesak, di mana titik Anda belum lagi krisis untuk menangani!

Dalam buku Stephen Covey's "Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif" dibagi menjadi empat kategori:

1) Mendesak dan Penting
2) Tidak Mendesak dan Penting
3) Mendesak dan Tidak Penting
4) Tidak Mendesak dan Tidak Penting

Para hadiah tertinggi dan kesempatan terbesar biasanya dalam kategori 2. Stephen Covey bertanya: "Satu hal yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan pribadi; jika Anda melakukannya secara teratur, akan membuat hidup Anda luar biasa?" Kegiatan dalam kategori 2 memiliki semacam dampak. efektivitas kami mengambil lompatan kuantum ketika kita berkonsentrasi pada kategori 2.

Apakah Anda menemukan diri Anda merespon, "mendesak" item atau permintaan lebih cepat daripada yang "penting"? Mulai membuat tugas-tugas penting tampak lebih mendesak dengan menetapkan tenggat waktu bagi mereka dan jadwal kegiatan ke dalam hari Anda. Pastikan Anda mengurus tugas-tugas penting, bahkan jika mereka tidak mendesak. Bila Anda memang harus bereaksi terhadap suatu "permintaan yang mendesak", menghabiskan waktu memikirkan respons Anda. Solusi yang dipikirkan dengan baik biasanya lebih baik daripada reaksi impulsif.

Jika Anda mulai menghabiskan 80% waktu Anda bekerja dengan "Tidak Mendesak tapi Penting" dan hanya 20% dari waktu Anda di 3 kategori lain, efektivitas Anda akan meningkat secara dramatis. Kebanyakan orang mulai dengan tugas-tugas cepat, mudah atau menyenangkan pada daftar tugas mereka. Pikirkan dengan dimulai dari tugas-tugas yang paling PENTING.

Ingat, kegiatan PENTING adalah mereka yang membantu Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDEKATAN, METODE, TEKNIK, DAN PROSEDUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Model-Model Pembelajaran (PPSI, Kemp, Banathy, Dick and Carey)

Hubungan Perkembangan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Dalam Kaitannya dengan Prestasi Belajar

Subjek Pendidikan

Kalimat Efektif