Pidato Argumentatif

Pidato argumentatif adalah pidato yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar pembaca mau mengubah pandangan dan keyakinannya kemudian mengikuti pandangan dan keyakinan pembicara. Keberhasilan sebuah pidato argumentatif ditentukan oleh adanya pernyataan/pendapat pembicara, keseluruhan data, fakta, atau alasan-alasan yang secara langsung dapat mendukung pendapat pembicara. Keberadaan data, fakta, dan alasan sangat mutlak dalam pidato argumentatif. Bukti-bukti ini dapat berupa benda-benda konkret, angka statistik, dan rasionalisasi penalaran pembicara.

Dalam berargumentasi, unsur-unsur yang ada harus diatur secara logis dengan bentuk penalaran tertentu. Bentuk penalaran yang ada adalah penalaran induksi dan penalaran deduksi. Penalaran induksi adalah bentuk penalaran yang bertolak dari pernyataan khusus kemudian menarik kesimpulan secara lebih umum. Penalaran induktif tidak boleh membuat kesimpulan yang melebihi kelayakan fakta sebagai pendukung. Penalaran deduksi adalah penalaran yang bertolak dari pernyataan umum yang dipakai untuk mengamati pernyataan khusus sebagai dasar mengambil kesimpulan.
Ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat pidato argumentatif. sebagai berikut;
Berpikir sehat, kritis, dan logis.
Mencari, mengumpulkan, memilih fakta yang sesuai dengan tujuan dan topik, serta mampu merangkaikan untuk membuktikan keyakinan atau pendapat.
Menjauhkan emosi dan unsur subjektif.
Menggunakan bahasa secara baik dan benar, efektif, dan tidak menimbulkan salah penafsiran.


Sumber teks pidato: http://pidatoumum.blogspot.com/2011/03/contoh-pidato-berisi-paragraf.html
Contoh pidato ini bertemakan : Hidup Hemat
Judul pidato : Hemat Listrik


Assalamu'alaikum wr. wb

Alhamdulilahirobil'alamin, puji syukur kita panjatkan kepada Allah swt. yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul disini dalam sosialisasi hidup hemat listrik. Terimakasih saya ucapkan kepada hadirin yang telah rela meluangkan waktunya untuk menghadiri acara ini.

*Di zaman globalisasi ini, semua hal yang kita butuhkan sulit untuk didapat, bahkan kebutuhan yang mendasar sekalipun seperti sembako. namun pernahkah anda berfikir bahwa hal-hal yang mudah di dapat pun pasti suatu saat akan mengalami penurunan jumlah seperti listrik. memang sekarang listrik masih berlimpah, namun penggunaan listrik yang terus menerus dan berlebihan dapat berakibat sumber listrik habis. Bahan bakar pembangkit listrik seperti minyak bumi adalah sumber energi yang tidak bisa di perbarui. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai menggunakan listrik dengan hemat.



**Penggunaan listrik semakin bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat. Alat-alat elektronik semakin banyak dibuat dan beredar di pasaran. Banyak barang elektronik yang berkesan mewah dan menyedot banyak sumber daya listrik untuk hal yang tidak terlalu penting, hal seperti inilah yang harus dihindari. Tentunya kita tidak ingin melihat dunia gelap karena kurangnya listrik. Tentunya kita tidak ingin generasi yang akan datang tidak bisa menikmati listrik. Karena itu, marilah kita bersama-sama menghemat listrik demi kehidupan yang lebih baik. Ayo kita dukung gerakan hemat listrik.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, sekiranya dapat memberi pengarahan agar kita tidak ceroboh dan tidak salah melangkah. Terimakasih atas perhatian saudara-saudara, mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekeliruan. Saya akhiri.

wassalamu'alaikum wr.wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-Model Pembelajaran (PPSI, Kemp, Banathy, Dick and Carey)

Subjek Pendidikan

Linguistik Historis Komparatif

Hubungan Perkembangan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Dalam Kaitannya dengan Prestasi Belajar

Pengertian Bunyi Bahasa (Fonologi)